JAKARTA, JITUNEWS.COM - Juru bicara Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widod-Ma'ruf Amin, Irma Suryani Chaniago, mempertanyakan alasan politikus senior PAN Amien Rais terus menyerang Jokowi.
Hal tersebut mendapat respons dari Wasekjen PAN, Faldo Maldini. Faldo mengatakan, Amien Rais konsisten dengan sikap kritisnya terhadap penguasa.
"Kalau pemimpinnya Pak Prabowo, saya yakin Beliau akan punya sikap yang sama bila situasinya begini. Sudah teruji konsistensi Pak Amien, Beliau kritis terus ke penguasa yang lemah, yang tidak mampu gunakan kekuasaannya untuk melindungi dan penuhi hak warganegara. Ya, saya kira biasa saja. Beliau sudah lakukan itu dari dulu," kata Faldo Maldini kepada wartawan, Kamis (7/2).

Faldo menyebut, kritikan Amien adalah suatu kewajiban dalam demokrasi. Kritik Amien bukanlah sebuah kebencian, namun demi kepentingan publik.
"Bila kami yang mencari keadilan, ada puluhan laporan, tidak jelas prosesnya udah sampai mana. Sementara, orang-orang yang kritis, menilai kepentingan warga adalah yang paling utama malah cepat proses hukumnya. Silakan, pihak Petahana periksa sendiri. Saya merasa kerasnya Pak Amien terhadap kesewenang-wenangan itu adalah kewajiban kelompok terdidik di dalam demokrasi," jelasnya.
"Kritik Pak Amien bukan soal benci. Beliau sudah selesai dengan dirinya. Tidak ada itu. Ini soal kepentingan publik. Beliau itu paham teori politik dari A sampai Z, sekaligus melakukannya," lanjut Faldo.
Sebelumnya, Irma mengaku bingung karena Amien kerap menyerang capres petahana Jokowi.

"Mohon maaf, saya sebagai rakyat biasa balik bertanya kepada Pak Amien, apa sih mau Bapak? Kok Bapak selalu bicara kasar kepada Presiden? Salah apa beliau pada Bapak?" kata Irma Suryani Chaniago, kepada wartawan, Kamis (7/2).